081-234-567-890

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

Wednesday, September 5, 2012

Menyalakan Kompor dengan Air, Bisakah ?

Liburan akhir semester ini dimanfaatkan oleh Salma, Wafa, Aisy, dan Zulfa untuk berkemah. Di hari terakhir kegiatan perkemahan bahan perbekalan sudah menipis. Bahkan, persediaan minyak tanah telah habis sama sekali. Ketika mereka sedang memasak, kobar api terlihat semakin kecil. Padahal mereka mulai merasakan lapar.
"Wah....kita kehabisan minyak nih!", kata Salma.
"Apa iya....coba kulihat !" sahut Wafa sambil menggoyang kompor kemudian membukanya.
Ternyata sumbu kompor terlihat menggantung. Meskipun sedikit, tetapi sebenarnya minyak masih ada. Karena sumbu tidak mencapai minyak, maka tidak bisa dipakai untuk memasak lagi.
"Waduh, kita harus memasak pakai kayu nih", ujar Salma.
"Ditambah air saja!", Zulfa memberikan pendapatnya.
Teman-temannya heran dengan usul Zulfa. Menyalakan kompor dengan air, bisakah?
Zulfa pun segera menuangkan air ke dalam kompor dengan jumlah tertentu. Ditunggunya beberapa saat, kemudian kompor dinyalakan kembali. Ternyata kompor itu benar-benar menyala. Masakan akhirnya dapat matang tepat waktu. Mereka pun dengan lahap menikmati makan siang mereka menjelang penutupan kegiatan perkemahan.

Mengapa air bisa dipakai untuk menyalakan kompor? Benarkah air yang membuat kompor itu kembali menyala?


Untuk menjawabnya kita akan kembali ingat pada konsep massa jenis benda. Massa jenis minyak tanah lebih kecil dibanding massa jenis air. Selain itu, menurut sifatnya minyak tidak bisa bercampur dengan air. Ketika air ditambahkan dalam kompor maka air akan terpisah dengan minyak. Minyak mempunyai massa jenis lebih kecil daripada air. Sehingga, minyak akan berada di lapisan atas.

Minyak pun dapat menjangkau ujung sumbu dan naik ke ujung atas karena adanya peristiwa kapilaritas. Dengan demikian api akan kembali menyala. Menarik bukan belajar sains ?

No comments:
Write comments

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?