081-234-567-890

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

Friday, April 13, 2012

Mengapa Paku Ujungnya Runcing ?


Jika membaca judul artikel kali ini bisa jadi kita bertanya-tanya mengapa hal ini ditanyakan. Atau bisa jadi juga kita bertanya-tanya, "iya, mengapa ya setiap paku ujungnya pasti runcing".
Untuk menjawab pertanyaan ini tentu kita ingat dengan konsep "tekanan" pada mata pelajaran IPA. Besar kecilnya tekanan yang diberikan oleh suatu benda dipengaruhi oleh dua faktor :
  1. Besarnya gaya yang diberikan
  2. Besarnya luas bidang sentuh
Keduanya memiliki pengaruh yang berkebalikan. Besarnya tekanan sebanding dengan besarnya gaya yang diberikan dan berbanding terbalik dengan besarnya luas bidang sentuh. Artinya, semakin besar gaya(pukulan) yang kita berikan melalui palu maka akan menghasilkan tekanan yang semakin besar. Sebaliknya, jika kita memberikan gaya (pukulan palu) yang semakin kecil maka akan menghasilkan tekanan yang lebih kecil.


Jika luas bidang sentuh(ujung paku) semakin besar maka akan mengasilkan tekanan yang kecil. Sebaliknya, jika ujung paku semakin kecil (runcing) maka akan menghasilkan tekanan yang lebih besar. Itulah mengapa ujung paku selalu runcing. Mudah dipahami bukan ?

No comments:
Write comments

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?