081-234-567-890

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

Wednesday, October 3, 2012

Sabuk pengaman bagi pengendara mobil, mengapa diperlukan?

Sahabat Indonesia Cerdas, info sains kali ini akan membahas mengenai "Mengapa orang yang mengendarai mobil perlu menggunakan sabuk pengaman". Tentu sahabat pernah melihat atau mendengar anjuran menggunakan sabuk pengaman pada saat mengendarai mobil bukan?
Ternyata,  luka parah dan kematian pada penumpang akibat kecelakaan mobil dapat dicegah. Caranya adalah dengan menggunakan sabuk pengaman yang menyilang pada bahu, dada, dan pangkuan penumpang. Sebenarnya, apa yang terjadi dalam sebuah tabrakan? 
Apabila sebuah mobil yang melaju dengan kecepatan sekitar 50 km/jam menabrak benda besar yang padat, mobil tersebut akan ringsek dan berhenti mendadak dalam waktu sekitar 0,1 s. Karena kelembamannya, penumpang yang tidak memakai sabuk pengaman akan terus bergerak maju dengan kecepatan 50 km/jam, sama dengan kecepatan mobil tersebut. Tahukah sahabat bahwa kecepatan ini kurang lebih sama dengan kecepatan penumpang itu apabila jatuh dari lantai tiga sebuah gedung! Dalam waktu sekitar 0,02 s setelah mobil berhenti, penumpang itu akan membentur dashboard, kemudi, atau bagian belakang kursi di depannya.


Penumpang yang mengenakan sabuk pengaman akan tetap tertahan di kursi. Penumpang itu akan melambat seiring dengan melambatnya mobil. Gaya yang diperlukan untuk memperlambat seseorang dari 50 km/jam menjadi nol dalam waktu 0,1 s sama dengan 14 kali beratnya. Sabuk pengaman itu “memberi” sedikit waktu tambahan untuk melambat bagi penumpang itu, pada saat sabuk sedikit meregang menahan orang tersebut. Di samping itu, sabuk tersebut juga menyebarkan gaya, sehingga gaya itu tidak memusat hanya pada satu bagian tubuh orang tersebut. Sekarang sudah jelas, kan?

2 comments:
Write comments
  1. Blognya manstab abis, Kang Agus.
    Kandidat jawara BPTIKP 2012.
    Siiip...!

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak Mursyid.....Semua Hebatttttt....

    ReplyDelete

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?