081-234-567-890

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

Friday, September 21, 2012

Mengukur Suhu dengan Tangan, Bisakah?

Sahabat Indonesia Cerdas, info sains kali ini kita akan membahas mengenai mengukur suhu. Seperti yang telah kita pelajari bahwa untuk mengukur suhu diperlukan alat yang disebut termometer. Pertanyaan yang akan kita jawab adalah bisakah mengukur suhu dengan tangan kita?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita lakukan percobaan sederhana berikut : Sediakan tiga buah ember, kita sebut ember A, ember B, dan ember C. Kemudian isi ember A dengan air es, lalu isi ember B dengan air sumur, dan isi ember C dengan air hangat.
Masukkan tangan kanan ke ember A dan tangan kiri ke ember C. Setelah itu secara bersamaan masukkan kedua tangan ke ember B. Apa yang kamu rasakan? Ketika kamu memasukkan tangan kananmu ke ember A, ternyata tanganmu terasa dingin. Sedangkan tangan kiri yang kamu masukkan pada ember C, terasa hangat. Ketika kamu memindahkan kedua telapak tanganmu dengan cepat dan memasukannya pada ember B, ternyata tangan kanan yang tadinya merasakan dingin akan berubah merasakan hangat, sedangkan tangan kiri yang tadinya merasakan hangat akan terasa dingin. Mengapa demikian? Hal ini menunjukkan bahwa tangan kita tidak dapat menyatakan suhu suatu benda dengan tepat, juga karena jangkuan perasaan kita terbatas. Oleh karena itu manusia menciptakan suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur suhu dan besarnya suhu dapat dilihat dari angka yang ditunjukkan. Alat itu disebut termometer.

No comments:
Write comments

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?