081-234-567-890

Mau Pasang Iklan?

Informasikan Bisnis & Usaha Anda di Sini

Tuesday, August 21, 2012

Bagaimana Cara Membuktikan Kemurnian Emas?

Jika kita bertanya "Bagimana cara membuktikan kemurnian emas" tentu kita akan langsung teringat dengan Archimedes. Ya, dengan diiringi ungkapan "Eureka....eureka" Archimedes berhasil menemukan cara membuktikan kemurnian emas.
Percobaan Archimedes berawal dari perintah Raja Syracuse kepadanya agar memeriksa apakah mahkota raja yang dibuat perajin emas memang benar-benar terbuat dari emas murni yang ia berikan. Sang Raja curiga mahkota telah dicampur dengan bahan lain. Padahal Raja telah memberikan emas murni pada perajin dalam jumlah yang cukup.

Jika tugas tersebut diberikan kepada kita pada saat ini tentu dengan mudah kita dapat membuktikannya. Tetapi, di jaman dulu tentu saja Archimedes harus berpikir keras untuk bisa menemukan cara membuktikan kemurnian emas.
Archimedes memulai pembuktiannya dengan menimbang mahkota tersebut. Ternyata, setelah ditimbang tidak ada yang salah dengan mahkota itu. Massa emas murni sama dengan massa mahkota itu.
Archimedes melanjutkan pemeriksaan dengan mencermati massa satu kilogram emas dan satu kilogram perak. Ternyata, satu kilogram emas memiliki volume yang lebih kecil dibanding volume satu kilogram perak. Artinya, bila emas dicampur dengan perak maka akan menyebabkan perubahan volume. Archimedes pun bergumam, "Satu-satunya cara aku harus mengukur volume mahkota ini, tapi bagaimana caranya?"



Cara mengukur volume benda yang bentuknya tidak teratur dia temukan setelah di mandi. Ketika mandi ia mengamati setiap orang masuk dalam bak mandi maka permukaan air akan naik. Peristiwa itu semakin jelas ketika ia menceburkan badannya, air dalam bak meluap ketika ia masuk. Air dalam bak mandi didesak oleh tubuhnya. Archimedes pun tanpa sadar meloncat keluar dari bak mandi sambil berteriak girang "Eureka..eureka..!", yang artinya "aku sudah menemukan".
Archimedes pun melanjutkan penelitiannya dengan memasukan mahkota ke dalam bejana yang terisi penuh dengan air. Sebagian air pun tumpah. Kemudian ia memasukkan emas murni ke dalam bejana yang terisi penuh dengan air. Sebagian air pun tumpah. Archimedes membandingkan volume air yang dipindahkan antara mahkota dengan emas murni berbeda. Air yang tumpah saat emas murni dimasukkan lebih sedikit daripada air yang tumpah saat mahkota dimasukkan bejana. Artinya, mahkota telah dicampur dengan bahan lain.
Begitulah sejarah penelitian pertama mengenai massa jenis suatu benda. Untuk menentukan kemurnian emas maka perlu diteliti massa dan volumenya. Perbandingan massa dan volume harus sama dengan massa jenis emas. Mudah bukan ?

No comments:
Write comments

Punya informasi terbaru yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- https://t.co/quGl87I2PZ
Mau langganan informasi?